Alasan Kenapa Harus Berobat ke Dokter Kulit di Gianyar Bali?

dokter kulit gianyar bali

Bagi kamu yang berdomisili di daerah Gianyar, Bali dan memiliki gangguan atau masalah pada kulit. Kamu bisa mengunjungi dokter kulit yang berada di Gianyar.

Sebelum kita masuk ke topik  kenapa harus berobat ke dokter kulit di Gianyar, Bali. Mungkin ada yang belum tahu siapa atau apa itu dokter kulit? Disini akan dijelaskan tentang siapa atau apa itu dokter spesialis kulit, perawatan yang diberikan, dan penjelasan tentang bagaimana dokter spesialis kulit melakukan pengobatan.

Siapa itu Dokter Spesialis Kulit?

Dokter spesialis kulit (Dermatolog) adalah salah satu ilmu kedokteran yang memiliki keahlian atau berfokus untuk menangani kondisi kulit, kuku, dan rambut atau masalah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan kulit.

Dan seorang dokter bisa disebut sebagai spesialis kulit dan kelamin apabila sudah memiliki gelar SpKK (Spesialis Kulit Kelamin). Sebelum mendapatkan gelar ini, seorang dokter harus menempuh pendidikan di bidang spesialis ilmu kesehatan kulit dan kelamin sekitar tiga setengah tahun atau lebih.

Bidang Dermatologi sendiri terbagi menjadi beberapa sub bagian, seperti :

  • Dermatologi Imunologi dan Alergi : fokus pada masalah kulit yang berhubungan dengan imunitas tubuh seperti psoriasis dan dermatitis atopic (eksim).
  • Bedah dan Tumor Kulit : penanganan bedah yang berfokus pada pasien yang mengidap kanker kulit atau memiliki pertumbuhan kulit jinak.
  • Dermatologi Pediatrik : fokus untuk menangani masalah kulit yang menyerang bayi, anak-anak, dan remaja. Masalah kulit seperti infeksi pada kulit, tanda lahir, atau ada ruam merah pada kulit.
  • Dermatologi Geriatrik : dokter spesialis kulit yang menangani masalah kulit yang terjadi pada lansia.
  • Dermatologi Tropis : dokter yang menangani masalah kulit pada pasien yang tinggal di daerah tropis, masalah kulit yang biasa dialami seperti : panu, kurap, dan kudis.
  • Genodermatologi : dokter yang menangani masalah kulit karena faktor genetik.
  • Dermatologi Kosmetik : dokter yang menangani masalah kecantikan kulit, meliputi pigmentasi pada kulit, selulit atau kerontokan rambut.

dokter kulit gianyar bali

Perawatan yang diberikan oleh Dokter Spesialis Kulit

Dokter kulit biasanya melakukan prosedur diagnostik khusus yang berkaitan dengan kondisi kulit pasien. Dokter spesialis kulit biasanya juga melakukan perawatan terhadap pasiennya, seperti :

  • Memberikan Obat Untuk Penyakit Kulit : obat yang diberikan bisa berupa obat suntik, obat yang bisa di oleskan atau obat yang bisa diminum
  • Melakukan Terapi Penyakit Kulit : Perawatan untuk penyakit kulit melalui metode terapi, seperti terapi sinar ultraviolet menggunakan UVA dan UVB buatan. Fungsinya sebagai metode pengobatan untuk penyakit psoriasis dan exim, terapi menggunakan laser excimer untuk mengobati penyakit vitiligo dan dermatitis, atau menggunakan metode fotodinamik cahaya biru untuk mengatasi masalah jerawat.
  • Melakukan Metode Bedah Dermatologis : melakukan tindakan bedah seperti operasi mohs yang bertujuan untuk menangani kanker kulit, bedah cryosurgery yang melibatkan pembekuan menggunakan nitrogen dengan suhu dingin yang ekstrem, atau pembedahan terkait dengan penanganan luka.
  • Prosedur Kosmetik : melakukan prosedur yang berhubungan dengan kecantikan dan perawatan pada kulit, seperti chemical peeling untuk kulit kusam, laser untuk membantu mengencangkan kulit wajah, pemasangan filler dan botox.

Bagaimana Dokter Spesialis Melakukan Pengobatan?

Pada umumnya, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis kulit setelah mendapat rujukan dari dokter umum, tapi kamu juga bisa mengunjungi poliklinik penyakit kulit dan kelamin. Pada saat pemeriksaan dokter akan memberikanmu beberapa pertanyaan terkait ciri penyakit atau perubahan kulit yang sedang kamu alami.

Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kulit mu. Misalnya, bila pada kulit ada ruam maka dokter akan melihat seberapa besar dan pola yang terlihat, atau apakah disertai dengan benjolan. Kadang dokter akan mengambil foto untuk memudahkan saat ada perubahan kulit.

Jika terdapat tanda-tanda sakit seperti herpes, dokter biasanya akan menanyakan penyebab pemicu masalah kulitnya, dari material atau makanan tertentu.

Jika diperlukan pemeriksaan tambahan, ada prosedur-prosedur yang perlu dilakukan. Diantaranya adalah biopsi dengan mengambil sampel kulit untuk mengetahui penyebab penyakit kulit. Selanjutnya, ada tes kultur dengan cara mengidentifikasi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

Pada proses pemeriksaan kanker kulit, semua kulit yang ada pada badan mu akan di periksa, termasuk lapisan dalam mulut (mukosa), kulit kepala, kuku, area lipatan pada kulit, termasuk juga area genital.

Saat melakukan diagnosis penyakit, dokter mempertimbangkan faktor-faktor yang bisa memicu kondisi penyakit kulit. Seperti adanya paparan zat berbahaya di tempat kerja, kebiasaan merokok, perilaku seksual, dan pengobatan yang sedang kamu jalani. Selain itu pertimbangan juga diambil dari penyakit kronis yang kamu alami, seperti (diabetes) atau riwayat turunan dari keluarga.

Baca juga, Wajah anda bermasalah? Yuk periksakan diri anda ke Dokter Kecantikan di Denpasar

Nah itu tadi penjelasan terkait siapa itu dokter kulit dan detailnya, sekarang kita akan masuk ke poin pembahasan tentang alasan kenapa berobat ke dokter kulit di Gianyar, Bali.

Bagi kamu yang berdomisili di daerah Gianyar, Bali. Tentu kamu pasti mencari lokasi berobat yang dekat kan? Nah bagi kamu yang berdomisili di Gianyar berikut beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk berobat ke dokter kulit.

  • Lokasi

Tentu jika ingin bepergian kamu pasti memikirkan jarak tempuh, nah bagi kamu yang berlokasi khusus di daerah Gianyar, kamu tidak perlu memikirkan tentang jarak lagi karena klinik kecantikan DNI Skin Centre kini hadir di Gianyar dan tentunya dekat dengan kediaman mu.

  • Waktu

Selain lokasi pasti kamu memikirkan juga tentang waktu yang dihabiskan selama perjalanan, nah dengan adanya klinik DNI Skin Centre di daerah Gianyar, sekarang kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu selama perjalanan.

DNI Skin Centre adalah klinik kecantikan yang didirikan oleh Dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK pada tanggal 14 Februari 2011. Klinik ini mempromosikan konsep “Beauty for Everyone”, yang berarti bahwa setiap orang dapat terlihat cantik dengan layanan yang terjangkau tetapi tidak murah. Saat ini, DNI Skin Centre memiliki beberapa cabang di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Kediri, Surabaya, Bali, Lombok dan lainnya.

Dr. Darmaputra adalah seorang dokter spesialis kulit yang berpengalaman dan ahli di Bali, dikenal karena kemampuannya dalam menangan masalah kulit seperti jerawat, keriput, flek hitam, dll. Klinik ini menawarkan beragam layanan perawatan kulit seperti facial, laser, Botox, filler, perawatan anti-aging yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Produk-produk perawatan kulit yang tersedia di DNI Skin Centre juga terkenal berkualitas tinggi dan aman untuk digunakan.

Nah mungkin itu saja alasan kenapa harus berobat ke dokter kulit Gianyar Bali. Oo iya untuk kamu yang ingin berkunjung ke klinik DNI Skin Centre yang berlokasi di Gianyar, di bawah ini kami cantumkan alamat beserta lokasi mapsnya.

  • DNI Skin Care
    Skin care clinic
    By Pass Dharma Giri No.777 · (0361) 8958442

Nah jika kamu ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi kamu bisa menekan banner di bawah ini untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit DNI Skin Centre.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 19 =